Pages

Wednesday, March 09, 2016

saksi 2016 smp labschool jakarta

SAKSI merupakan kegiatan yang dimiliki SMP Labschool Jakarta yang merupakan singkatan dari Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia. SAKSI pada tahun 2016 ini merupakan SAKSI ke-13 yang pernah diadakan. SAKSI pada tahun-tahun sebelumnya diadakan di Sanggabuana, sementara SAKSI tahun ini lebih berbeda dan spesial, karena SAKSI diadakan di Dodik Latpur, Gunung Bunder. SAKSI mengajarkan kedisiplinan dan kemandirian, suatu moral yang harus ditanam sejak dini bagi anak-anak zaman sekarang. Sebelum dilaksanakannya SAKSI, ada PRA SAKSI yang dilakukan selama 3 hari sebelum SAKSI yang sebenarnya dimulai. PRA SAKSI dilakukan di SMP Labschool Jakarta, dimana pada waktu PRA SAKSI kami semua membuat vandel, mengecat tongkat, melatih PBB dan mempelajari beberapa lagu SAKSI, serta membagi kelompok-kelompok saksi.
Pada hari Jum’at, 5 Februari 2016, kami, para peserta SAKSI, berkumpul di hall masjid sekolah pada pukul 6:00 pagi. Kami akan memulai perjalanan ke Dodik Latpur, di daerah Gunung Bunder, lokasi SAKSI tahun ini. Kami menaiki tronton per kelas dan perjalanan ke Gunung Bunder memakan waktu 3 jam. Sesampainya di Gunung Bunder, kami berbaris dan memulai upacara pembukaan. Para peserta SAKSI dibagi menjadi beberapa pleton, tepatnya 8 pleton yang masing-masingnya berisi 30 murid. Kami diminta untuk barbaris, tiarap, guling-guling, merayap, dan lain-lain. Setelah itu, kami pergi ke barak masing-masing untuk unpack dan setelah itu makan siang dengan cara makan komando di dalam barak, karena di luar sedang hujan. Setelah makan siang, kami melaksanakan Solat Zuhur (bagi perempuan) dan Solat Jum’at (bagi laki-laki). Setelah itu, kami diberi materi tentang hewan melata, terutama ular, oleh organisasi bernama Sioux. Setelah itu, diadakan fashion show atau peragaan busana sesuai kelompok masing-masing. Setelah itu, kami kembali ke barak untuk bersiap-siap. Setelah itu, kami sholat maghrib dan melaksanakan makan komando. Setelah itu, kami pergi ke aula untuk mendapat materi tentang kepemimpinan dari pihak TNI. Setelah itu, kami kembali ke barak untuk beristirahat dan tidur.
Pada hari kedua, kami bangun pada pukul 4:00 untuk melaksanakan Salat Subuh lalu diadakan senam pagi. Setelah senam pagi, kami makan pagi dengan cara makan komando, kali ini, menyuapi lawan makan yang berhadapan dengan kita. Setelah itu, kami kembali ke barak untuk bersiap-siap untuk Outbond. Kami dikumpulkan di lapangan utama untuk berbaris dan bersiap-siap outbond. Setelah itu, kami mendapat briefing tentang outbond. Kami perkelompok pun dilepaskan untuk merasakan beberapa outbond yang seru dan menarik. Hari itu juga diadakan baksos dan OTM pun banyak yang datang. Setelah outbond selesai, kami berlomba merayap sebelum dilantik. Setelah itu, kami diberi renungan oleh kakak-kakak OSIS. Setelah itu, kami pun dilantik didepan orang tua kami. Setelah pelantikan, kami melaksanakan makan komando yang dilanjutkan oleh istirahat sejenak. Setelah itu, kami hiking ke Curug dan disana kami bermain air bersama-sama, refreshing dan bercanda tawa bersama teman-teman. Setelah itu, kami kembali ke Dodik Latpur. Pada malam hari, diadakan pentas seni, dimana kami menampilkan battle dance, lipsync, stand up comedy, dan sebagainya. Setelah itu, kami mendapat penampilan yang menarik dari OSIS-MPK Pranajendra. Setelah itu, kami kembali ke barak masing-masing untuk beristirahat.
Pada hari ketiga, kami bangun pagi lagi untuk melaksanakan rutinitas seperti hari sebelumnya. Bedanya, setelah makan komando pagi ini, kami kembali ke barak masing-masing untuk packing sebelum akhirnya kembali ke SMP Labschool Jakarta. Kami melaksanakan upacara penutupan lalu berjalan membawa tas bawaan masing-masing menaiki jalanan yang terjal sebelum akhirnya sampai ke tronton masing-masing. Perjalanan lagi-lagi memakan waktu 3 jam, sampai akhirnya kami sampai ke SMP Labschool Jakarta. Sungguh pengalaman yang sangat tak terlupakan.


ANANDA DEWAYANI 7G (4)

No comments:

Post a Comment